Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Sunday, 10 August 2014

Contoh Soal Ulangan tentang Ilmu Kesehatan

Berikut ini contoh soal ulangan harian tentang ilmu kesehatan:
1. Apakah pengertian sehat menurut UU No. 23 Tahun?
2. Sebutkan arti dan peran penting kesehatan bagi manusia!
3. Apakah tujuan mempelajari mempelajari ilmu kesehatan?
4. Apakah fokus bidang kajian ilmu kesehatan pribadi?
5. Apakah yang dimaksud dengan upaya kuratif?
6. Apakah yang dimaksud dengan upaya rehabilitatif?
7. Apakah yang dimaksud dengan upaya preventif?
8. Apakah yang dimaksud dengan upaya promotif?
9. Fisiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang....
10. Kardiologi ilmu yang mempelajari tentang....

Jawaban:
  1. Undang-Undang N0. 23 Tahun 1992, kesehatan mencakup 4 aspek, yakni: fisik (badan), mental (jiwa), sosial, dan ekonomi. Batasan kesehatan tersebut diilhami oleh batasan kesehatan menurut WHO yang paling baru.
  2. Kesehatan berperan penting dalam kehidupan setiap manusia, karena: a) kesehatan merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia. b) kesehatan sebagai suatu syarat untuk mewujudkan perkembangan jasmani, rohani (mental), dan sosial yang serasi. c) kesehatan sebagai syarat untuk melakukan aktivitas secara optimal dan pada gilirannya akan berpengaruh terhadap prestasi dan produktivitas.
  3. Agar selalu dapat hidup sehat, agar dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit, agar dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan hidup tidak sehat/penyakit.
  4. fokus bidang kajian ilmu kesehatan pribadi adalah orang per orang (pribadi).
  5. Upaya kuratif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin. Contoh Kuratif adalah penambalan gigi.
  6. Upaya rehabilitatif adalah kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya. Contoh Rehabilitatif adalah pembuatan atau pemasangan gigi palsu.
  7. Upaya preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit. Contoh Preventif adalah pengolesan fluor pada gigi.
  8. Upaya promotif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan. Contoh Promotif adalah penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.
  9. Fisiologi atau ilmu faal (dibaca fa-al) adalah salah satu dari cabang-cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan. Istilah "fisiologi" dipinjam dari bahasa Belanda, physiologie, yang dibentuk dari dua kata Yunani Kuna: φύσις, physis, berarti "asal-usul" atau "hakikat" dan λογία, logia, yang berarti "kajian". Istilah "faal" diambil dari bahasa Arab, berarti "pertanda", "fungsi", "kerja". Fisiologi menggunakan berbagai metode untuk mempelajari biomolekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan. Fisiologi merupakan salah satu bidang ilmu yang menjadi objek pemberian Penghargaan Nobel (Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran). Berdasarkan objek kajiannya dikenal fisiologi manusia, fisiologi tumbuhan, dan fisiologi hewan, meskipun prinsip fisiologi bersifat universal, tidak bergantung pada jenis organisme yang dipelajari. Sebagai contoh, apa yang dipelajari pada fisiologi sel khamir dapat pula diterapkan sebagian atau seluruhnya pada sel manusia.
  10. Kardiologi ilmu yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Contoh Soal Ulangan tentang Ilmu Kesehatan

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar