Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Saturday, 20 September 2014

Bagaimana Cara Mempersiapkan Balita Kita Supaya Menjadi Mandiri

Bagaimana Cara Mempersiapkan Balita Kita Supaya Menjadi Mandiri? - Balita singkatan dari bawah lima tahun, maksudnya adalah anak yang berumur kurang dari 5 tahun. Tahap Balita tumbuh mulai dari usia 12 bulan atau satu tahun. Bagi anak balita, segala hal menjadi sesuatu yang baru dan secara otomatis membuat balita penasaran dan ingin mengetahuinya.

Pendidikan yang tepat dan benar dapat mendukung mereka untuk belajar lebih cepat dan lebih mudah. Pendidikan anak usia balita sangat mempengaruhi karakter anak ketika dewasa nanti. Jika kita tidak mendidik balita dengan baik, maka ketika mereka mulai menginjak dewasa, akan sangat sulit jika ingin memperbaiki karakter anak yang telah terlanjur tercetak.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Balita Kita Supaya Menjadi Mandiri? Berikut ini beberapa tips yang harus kita terapkan kepada balita kita:
  1. Tata krama dan sopan santun. Kita harus mengajarkan tata krama dan sopan santun sejak dini. Setiap kata yang kita katakan atau setiap tindakan yang kita lakukan akan diingat dan diikuti. oleh anak Kita dapat mengajar mereka tata krama yang sederhana, misalnya ucapan permintaan maaf dan terima kasih. Sebagai misal, bila kita menginginkan sesuatu dari anak, ucapkan kata tolong. Ketika anak telah memebrikan apa yang kita inginkan, kita harus mengucapkan kata terima kasih. Secara tidak langsung tindakan itu akan terekam oleh anak. Ketika hal itu menjadi kebiasaan yang rutin, maka kebiasaan itu akan terpatri dan terbawa oleh anak hingga dewasa nanti.
  2. Mengajarkan tentang warna. Belajar warna bisa menyenangkan. Mengumpulkan beberapa mainan warna atau bola untuk bermain. Pilih mainan dan meminta anak untuk menyebutkan nama warna jika dia tidak bisa menjawab, beritahu mereka jawaban yang benar. Ulangi proses ini sampai balita dapat mengenali warna.
  3. Mengajarkan cara berjalan. Langkah berjalan tepat adalah suatu keharusan untuk menghindari perubahan struktur tubuh. Ketika anak mulai merangkak, lalu ke posisi berdiri. bantu dia berjalan dengan berpegangan tangan. Pastikan bahwa anak tidak bungkuk ketika berjalan.
  4. Mengajarkan cara makan. Jika balita diajarkan untuk makan pada waktu yang tepat, mereka tidak akan meminta di antara makanan ringan kecuali mereka benar-benar lapar.
  5. Mengajarkan tidur yang benar. Ajarkan anak untuk tidur lebih awal dan pastikan mereka memiliki waktu tidur yang cukup. Biasakan agar balita tidur di siang hari, kita mungkin perlu botol susu, dot tidak dianjurkan, bercerita, dan apa pun yang bisa membuat balita tidur. Ketika balita tertidur lelap, orang tua juga dapat tidur lelap pada malam hari.
  6. Mengajarkan untuk membereskan mainan. Menempatkan mainan kembali ke tempat yang tepat akan membuat mereka bertanggung jawab ketika mereka tumbuh dewasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Bagaimana Cara Mempersiapkan Balita Kita Supaya Menjadi Mandiri

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar