Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Friday 26 September 2014

Fungsi Sabut Kelapa dalam Budidaya Cabe dalam Karung

Ibu Siti Mahmudah - Fungsi Sabut Kelapa dalam Budidaya Cabe dalam Karung - Budidaya cabe dalam karung adalah salah satu cara mengatasi sempitnya lahan budidaya, yaitu dengan memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah kita. Budidaya cabe dalam karung sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan biaya yang banyak, karena semua peralatan, media, dan bahannya dapat kita dapatkan dengan mudah dan murah di sekitar rumah kita.

Salah satunya adalah sabut kelapa. Dalam budidaya cabe dalam karung, salah satu perawatannya adalah dengan menyiram tanaman 2 hari sekali. Agar air yang kita siramkan tidak mudah menguap, maka salah satu caranya adalah memanfaatkan sabut kelapa sebagai penutup permukaan tanah sekitar batang tanaman agar tidak terkena sinar matahari secara langsung yang dapat mengakibatkan cepatnya penguapan air yang kita siramkan.

Ide penggunaan sabut kelapa ini kami terapkan setelah suami saya membaca kandungan dan manfaat sabut kelapa dalam bidang pertanian yang ternyata banyak mengandung nitrogen jika direndam dengan air.

Fungsi Sabut Kelapa dalam Budidaya Cabe dalam Karung

Bagaimana cara membuat pelindung permukaan tanah dengan sabut kelapa? Caranya sangat mudah, yaitu kita tinggal meletakkan sabut kelapa pada permukaan tanam dalam karung 2 atau 3 potong sabut kelapa saja.

Manfaat lain dari penggunaan sabut kelapa sebagai penutup permukaan tanah adalah bahwa ketika kita menyiram tanaman, maka ada sebagian air yang terserap dan tersimpan oleh sabut kelapa, sehingga kelembaban daerah sekitar tanaman dapat bertahan lama sebagai penyedia air.

Selain itu, sabut kelapa yang terkena air akan menghasilkan nitrogen, yaitu suatu zat yang sangat dibutuhkan tanah untuk menjaga kesuburan dan dibutuhkan oleh tanaman sebagai nutrisi.

Manfaat ini sebenarnya telah dirasakan sejak dulu oleh para petani kita. Dengan memanfaatkan sabut kelapa, tanaman buah mereka dapat tumbuh dengan subur. Seperti kebiasaan yang dilakukan oleh para petani kita yang sering menyusun sabut kelapa yang tidak terpakai pada tanah di sekitar batang tanaman buah mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Fungsi Sabut Kelapa dalam Budidaya Cabe dalam Karung

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar