Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Friday 26 September 2014

Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah

Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah - Pekarangan adalah tanah di sekitar rumah kita yang juga disebut dengan halaman. Biasanya pekarangan atau halaman rumah, dibiarkan kosong begitu saja atau paling ditanami tanaman bunga sebagai hiasan belaka. Jika dimanfaatkan secara maksimal, pekarangan rumah kita dapat memberikan keindahan dan keasrian untuk sejenak menghilangkan rasa jenuh dan stress dan sekaligus dapat sebagai apotik hidup dan warung hidup yang memudahkan kita memperoleh obat alami, sayuran, buah-buahan, dan bumbu dapur yang organik dan masih segar.

Apotik Hidup adalah tanaman yang ditanam pada lahan pekarangan yang bermanfaat untuk obat-obatan herbal, seperti misalnya serai, jahe, lengkuas, kunyit,  daun sirih, kumis kucing, daun dewa, seledri, lidah buaya, daun insulin, pinisilin, dan lain-lain.

Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah

Warung hidup adalah tanaman yang ditanam pada lahan pekarangan yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dapur seperti sayuran, bumbu, dan buah buahan. Tanaman ini bisa ditanam di pekarangan langsung, bisa juga ditanam dalam pot, poly bag, plastik bekas, karung bekas, kaleng biskuit, bekas ember cat, dan wadah lainnya. Tanaman warung hidup yang mudah ditanam misalnya terong, cabe rawit, tomat, jambu biji, daun salam, serai, aneka rempah, singkong, ubi, pisang, pare, dan daun ginseng.

Untuk mengetahui bagaiman cara budidaya cabe dalam karung bisa kita baca pada:
Cara Menghiasi Halaman Rumah Dengan Budidaya Cabe dalam Polybag

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari menanam apotik hidup dan warung hidup di halaman rumah. Berikut ini Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah:

Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah
  1. Sebagai penghijauan halaman rumah yang sangat bermanfaat bagi kesegaran lingkungan sekitarnya.
  2. Sebagai persediaan obat-obatan alami, misalnya ketika si kecil memar karena jatuh maka bisa mengambil umbi kencur yang kita tanam kemudian ditumbuk dan dioleskan pada luka memar.
  3. Sebagai bahan persediaan kebutuhan dapur terjamin bila dipekarangan rumah tersedia cabe rawit, daun seledri atau daun bawang, tomat, singkong,  daun pandan, suji dan daun salam maka kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi.
  4. Memanfaatkan daun yang berguguran dan sampah organik sebagai pupuk organik, bagi tanaman kita.
  5. Hobi yang mendatangkan nilai tambah bagi keluarga
Tanaman apotik hidup yang mudah kita tanam banyak sekali jenisnya. Berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang dapat ditanam di pekarangan sebagai tanaman apotik hidup untuk persediaan obat-obatan bagi keluarga kita:

Jahe

Jahe selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur juga dapat memberi aroma pada makanan seperti biskuit, roti ataupun kue serta minuman. Sebagai obat tradisional, jahe dapat digunakan untuk meredakan kejang, mengobati inflamasi dan rematik. Jahe dikenal pula berkhasiat sebagai anti muntah dan anti mikroba. Untuk menanam jahe, pilihlah bibit dari tanaman jahe yang sehat dengan kulit yang tidak lecet. Media tanam yang digunakan adalah lahan dengan tanah yang gembur dan banyak mengandung humus. Buatlah lubang tanam sedalam 3 - 7,5 cm dan lekatkan bibit pada tanah dengan cara direbahkan. Pemupukan menggunakan pupuk organik. Tanaman jahe tidak memerlukan banyak air, sehingga tak perlu sering disiram.

Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah

Kunyit

Kunyit merupakan tanaman serba guna. Selain digunakan untuk ramuan jamu, rimpang atau umbi kunyit juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan dan pembersih darah. Bibit kunyit didapat dari potongan rimpang karena lebih mudah tumbuh. Lahan yang akan ditanami sebaiknya gembur dengan ukuran lubang tanam 5 hingga 10 cm. Tanam bibit dengan arah tunas menghadap ke atas. Kunyit termasuk tanaman yang tidak tahan air, maka penyiraman tanaman perlu diperhatikan agar tidak tergenang air sehingga rimpang tidak membusuk.

Lengkuas

Lengkuas memiliki dua jenis, yaitu lengkuas dengan rimpang putih yang digunakan untuk penyedap masakan, dan lengkuas dengan rimpang merah yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Sebagai obat, lengkuas dapat digunakan untuk membangkitkan selera makan dan dapat meredam sakit rematik dan sakit kulit.

Lidah Buaya

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga sering digunakan untuk menyuburkan rambut, menyembuhkan luka bakar dan keseleo. Lidah buaya yang memiliki daun runcing berbentuk taji, batangnya tidak terlihat karena tertutup daun-daun yang rapat.
Pemeliharaan lidah buaya sangat mudah, karena memiliki cadangan air sehingga tahan terhadap cuaca kering maka penyiraman setiap hari tidak diperlukan.

Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah

Beberapa tanaman obat lain yang dapat dikembangkan dipekarangan adalah:
  1. Cabai jawa yang bermanfaat untuk mengatasi kejang perut, disentri, sakit kepala, sakit gigi dan demam.
  2. Kencur untuk menyembuhkan flu pada bayi, masuk angin dan batuk, serta menghilangkan rasa lelah.
  3. Sirih untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit, mengatasi pendarahan gusi dan mimisan serta menyembuhkan sariawan.
  4. Jambu biji untuk menyembuhkan sakit perut, mengatasi maag, diabetes dan sakit perut.
Menciptakan apotik hidup ataupun warung hidup di rumah kita hanya membutuhkan kemauann dari diri kita masing-masing. Mari kita mulai dari sekarang. Demikian Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah, semoga bermanfaat.

Tunggu apalagi, mari kita tanam apotik hidup dan warung hidup di halaman rumah, caranya bisa di baca pada:
Cara Budidaya Terong dalam Karung Bekas di Halaman Rumah
dan
Cara Budidaya Caisim Organik dalam Karung Paling Mudah di Halaman Rumah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Keuntungan Menanam Apotik Hidup dan Warung Hidup di Pekarangan Halaman Rumah

1 comments:

ini adalah masukan yang bagus... tapi kalo di rumah ga ada lahan untuki menanam bagaimana ya mas?? apa bisa dengan media pot?

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar