Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Wednesday, 8 October 2014

5 Struktur Anatomi Jantung yang Harus Kita Ketahui agar Dapat Menjaganya

Berikutn ini Struktur Anatomi Jantung yang terdiri dari 5 bagian yang Harus Kita Ketahui agar Dapat Menjaga kesehatannya:

1. Selaput jantung

Jantung diselubungi oleh selaput yang disebut perikardium. Lapisan pembungkus jantung sebelah dalam menempel sangat erat kepada jantung, sedangkan lapisan sebelah luar lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antara organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa jantung.

2. Otot jantung

Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, maka otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian. Jantung sudah mulai berdenyut pada saat di dalam kandungan dan tidak akan pernah berhenti sampai menghembuskan napas terakhir. Jantung adalah organ yang paling mengagumkan karena dengan tanpa henti memompa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi dalam darah ke seluruh tubuh. Jantung berdetak 100 ribu kali per hari atau memompa sekitar 2000 galon darah per hari.

3. Ruangan jantung

Jantung manusia terbagi menjadi 4 ruangan yaitu serambi kanan dan kiri, dan bilik kanan dan kiri. Antara serambi kanan dan kiri dipisahkan oleh septum interatrioler (dinding antar serambi). Antara bilik kanan dan kiri dipisahkan oleh septum interventrikuler (dinding antar bilik). Antara serambi kiri dengan bilik kiri dibatasi oleh katup bikuspidalis (mitralis). Antara serambi kanan dan bilik kiri dibatasi oleh katup trikuspidalis. Antara bilik kiri dengan aorta dibatasi oleh katup semilunaris aortae. Antara bilik kanan dengan arteri pulmonalis dibatasi katup semilunaris pulmoner.

4. Bilik jantung

Bilik jantung merupakan bagian jantung yang memiliki kemampuan memompa darah, sedangkan serambi sebagai penerima darah secara pasif. Oleh karena fungsi tersebut, maka secara struktural otot bilik jantung lebih tebal (kuat) dibanding otot serambi. Demikian juga, otot bilik kanan dan kiri berbeda tebalnya karena tugasnya yang berbeda. bilik kiri memiliki otot lebih tebal dibanding otot bilik kanan karena berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan bilik kanan berfungsi memompa darah ke paru-paru. Namun demikian, bilik kanan memiliki ruangan yang lebih besar dibanding bilik kiri.

1. Katup jantung

Katup jantung berfungsi menjaga tekanan darah dan menjaga agar darah tidak mengalir kembali ke tempat semula. Valvula mitralis dan trikuspidalis membuka karena adanya darah yang masuk dari vena sistemik (vena cava superior dan vena cava inferior) dan vena pulmonalis, menutup jika bilik berkontraksi, tetapi valvula semilunaris membuka dan sebaliknya. Ujung valvula dihubungkan oleh chordae tendineae ke dinding Bilik yaitu pada musculus papillaris (m = musculus. otot).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : 5 Struktur Anatomi Jantung yang Harus Kita Ketahui agar Dapat Menjaganya

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar