Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Wednesday 8 October 2014

Fungsi Penting 4 Katup Jantung dalam Proses Aliran Darah Manusia

Fungsi Penting 4 Katup Jantung dalam Proses Aliran Darah Manusia - Katup jantung memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses kerja jantung manusia. Katup jantung manusia berfungsi menjaga tekanan darah dan menjaga agar darah tidak mengalir kembali ke tempat semula.

Valvula mitralis dan trikuspidalis membuka karena adanya darah yang masuk dari vena sistemik (vena cava superior dan vena cava inferior) dan vena pulmonalis, menutup jika bilik berkontraksi, tetapi valvula semilunaris membuka dan sebaliknya. Ujung valvula dihubungkan oleh chordae tendineae ke dinding Bilik yaitu pada musculus papillaris (m = musculus. otot).

Jantung manusia memiliki 4 buah katup, yaitu:
  1. mitral
  2. trikuspid
  3. aortik
  4. pulmonik (sering juga disebut dengan pulmomer).
4 katup jantung tersebut berfungsi untuk mengatur jalannya aliran darah menuju ke arah yang benar. Tiap katup mempunyai penutup yang disebut leaflets atau cusps. Katup mitral mempunyai 2 buah leaflets, yang lainnya memiliki 3 buah leaflets. Bagian kanan dan kiri jantung bekerja secara bersamaan membuat suatu pola yang bersambung secara terus menerus yang membuat darah akan terus mengalir menuju jantung paruparu dan bagian tubuh lainnya.

Fungsi Penting 4 Katup Jantung dalam Proses Aliran Darah Manusia

Berikut ini proses aliran darah di dalm jantung yang diatur oleh katup jantung:
  1. Darah memasuki jantung melalui 2 pembuluh balik besar (venacava) inferior dan superior yang membawa oksigen kosong dari tubuh menuju ke bagian kanan serambi.
  2. Ketika serambi berkontraksi,darah mengalir dari bagian kanan serambi menuju bagian kanan ventrikel melalui katup trikuspid.
  3. Ketika bilik penuh, maka katup triskupid akan menutup untuk mencegah darah mengalir kembali ke bagian atria ketika ventrikel berkontraksi.
  4. Ketika bilik berkontraksi, darah akan mengalir keluar melalui katup pulmonik menuju arteri dan paru-paru yang mana pada bagian ini darah akan mendapatkan oksigen.
  5. Bagian vena pulmonary akan mengosongkan darah yang telah mengandungoksigen dari paru-paru menuju ke bagian kiri serambi.
  6. Ketika serambi berkontraksi, darah akan mengalir menuju bagian venrikel sebelah kiri melalui katup mitral.
  7. Ketika venrikel penuh maka katup mitral akan tertutup untuk mencegah darah menggalir kembali ke serambi ketika ventrikel berkontraksi.
  8. Ketika ventricle berkontraksi maka darah akan meninggalkan jantung melalui katup aortik menuju ke seluruh rubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Fungsi Penting 4 Katup Jantung dalam Proses Aliran Darah Manusia

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar