Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Thursday 6 November 2014

Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Timbul Pendarahan Karena Luka?

Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Timbul Pendarahan Karena Luka? - Tindakan-tindakan yang harus dilakukan apabila Timbul Pendarahan pada kulit atau tubuh karena luka ada 3 hal. Bila seseorang mendapat luka pada kulit, maka darah akan mengalir ke luar. Perdarahan ini dapat banyak, dapat pula sedikit.

Hal ini bergantung pada tempat luka itu, pada dalamnya dan pembuluh-pembuluh darah mana yang kena. Perdarahan dapat dihentikan dengan:
  1. Memberi tekanan dengan kassa yang steril pada tempat luka tersebut (bila lukanya kecil dan bersih). Bila perdarahannya agak banyak, tekanlah pada tempat-tempat tertentu, sehingga menekan pada pembuluh nadi.
  2. Setelah perdarahan berhenti, berilah penderita teh panas atau kopi panas sebagai mnuman penyegar.
  3. Bila banyak darah yang keluar, hingga penderita tampaknya pucat lemah, kesadarannya mulai merendah, nadinya cepat dan lemah, lekas-lekaslah bawa penderita ke rumah sakit. Mungkin ia memerlukan transfusi.
Berikut ini cara lain yang bisa kita lakukan jika terjadi pendarahan akibat terkena luka:
  1. Cara menghentikan darah yang mengalir dari luka agak sulit kerena luka goresan, bacokan, tertusuk, atau terjatuh yang cukup serius. Cara sederhana menghentikannya adalah dengan mengolesi bagian luka dengan daun lidah buaya atau daun singkong yang sudah diremas-remas.
  2. Cara mudah lainnya adalah ambil sapu tangan, atau kain apa saja, kemudian buat lipatan yang agak tebal, tutupkan ke bagian yang terluka, ikat kuat-kuat, supaya mengurangi pendarahan. Maka perlahan-lahan darah akan berhenti dengan sendirinya.
  3. Cara menghentikan pendarahan akibat terkena luka secara alami adalah dengan mengunakan getah daun lidah buaya, daun singkong, atau daun pisang muda, karena getah dan sarinya berfungsi untuk mempercepat pembekuan darah.
  4. Solusi lain menghentikan pendarahan akibat terkena luka adalah dengan air liur sendiri, karena air liur mengandung enzim histatin sehingga bisa digunakan juga buat luka agar cepet sembuh. Jika kita perhatikan, luka di dalam mulut akan sembuh lebih cepat daripada luka pada tubuh bagian luar.
  5. Untuk luka baru, misalnya terkena silet atau pisau bisa menggunakan sarang laba-laba yang berwarna agak hitam yang biasanya menempel pada plafon atau dinding rumah kita.
  6. Cara mudah lainnya untuk menghentikan pendarahan akibat terkena luka adalah dengan menggunakan serbuk kopi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Timbul Pendarahan Karena Luka?

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar