Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Friday 13 February 2015

Manfaat Budidaya Cabe Organik di Halaman Rumah sebagai Media Pembelajaran bagi Anak

Ibu Siti Mahmudah - Manfaat Budidaya Cabe Organik di Halaman Rumah sebagai Media Pembelajaran bagi Anak - Tanpa kita sadari, ternyata banyak sekali manfaat menanam cabe atau sayuran di halaman rumah kita. Hasilnya bisa untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sendiri, selebihnya bisa dijual, juga ada satu manfaat yang tidak kita sadari, yaitu sebagai media pembelajaran buat anak kita.

Dengan budidaya cabe di karung di halaman rumah, maka seluruh aktifitas budidaya dari pembuatan media tanam, persemaian, penanaman, pemupukan menggunakan bokasi, perawatan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, hingga pemanenan seluruhnya dilakukan di halaman rumah.

Karena semua kegiatan dilakukan di lingkungan rumah kita, maka seluruh anggota keluarga dapat menyaksikan dan bahkan dapat membantu. Demikian juga dengan anak kita. Rasa penasaran anak akan hal-hal baru yang dilihatnya, membuat mereka selalu mau ikut campur dalam semua kegiatan proses budidaya.

Manfaat Budidaya Cabe Organik di Halaman Rumah sebagai Media Pembelajaran bagi Anak

Nah itulah mengapa kami katakan bahwa menanam sayuran di halaman rumah bisa sebagai media pembelajaran buat anak.

Biarkan mereka ikut campur, biarkan mereka kotor. Bukankah ada yang menyampaikan bahwa kotor itu belajar.

Secara tidak langsung ada hal-hal positif yang terserap oleh anak. paling tidak mereka menyadari bahwa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, orang tua harus bekerja keras.

Seperti sore ini, setelah hujan reda, kami memeriksa tanaman yang mungkin roboh karena hujan deras tadi. Dimas Ibnu Al Rasyid anak kami yang kedua, langsung saja menyambar handycam dan bergaya membuat video di halaman rumah.

Manfaat Budidaya Cabe Organik di Halaman Rumah sebagai Media Pembelajaran bagi Anak

Ada satu hal lagi keuntungannya, yaitu anak tidak perlu bermain jauh-jauh dari rumah, mereka bisa bermain di halaman yang sejuk dan segar, bahkan teman-temannya jadi ikutan main di halaman rumah, sehingga kita mudah dalam mengawasi kegiatan anak sehari-hari.


Tonton juga videonya berikut ini ya:

Demikian Manfaat Budidaya Cabe Organik di Halaman Rumah sebagai Media Pembelajaran bagi Anak, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Manfaat Budidaya Cabe Organik di Halaman Rumah sebagai Media Pembelajaran bagi Anak

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar