Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Sunday 22 February 2015

Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung

Ibu Siti Mahmudah - Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung - Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentunya kita banyak sekali pekerjaan sehari-hari yang menimbulkan rasa lelah dan jenuh, namun jika semua itu dilakukan dengan rasa ikhlas, maka yang timbul rasa puas karena bisa melayani keluarga dengan sebaik-baiknya.

Di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga, saya sempatkan diri untuk menanam apa saja yang sekiranya bermanfaat di halaman rumah, baik untuk memenuhi kebutuhan dapur, maupun untuk dijual sebagai tambahan penghasilan.

Selain itu, tanaman tersebut juga memberikan manfaat lebih, yaitu sebagai sarana refreshing, dengan melihat hijaunya daun tanaman dan buahnya yang lebat menumbulkan rasa damai dalam hati.

Untuk menghilangkan rasa lelah setelah bekerja seharian, saya bersama keluarga melakukan aktivitas merawat tanaman cabe organik yang kami tanam di dalam karung di halaman rumah.

Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung

Seperti tampak pada gambar, itu adalah sebagian dari tanaman cabe kami yang ditanam di dalam karung di halaman rumah yang berumur 1 bulan. Tanaman tampak subur dan pertumbuhannya cepat, meski ada beberapa juga yang pertumbuhannya lambat.

Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung

Lokasi tanaman cabe pada gambar di atas, sebelumnya hanya ditumbuhi tanaman pagar, kemudian kami buang dan diganti dengan tanaman cabe organik.


Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung

Mengapa menggunakan karung? Bukan polybag saja? Kebetulan di desa kami banyak karung bekas, daripada dibuang percuma atau tergeletak begitu saja, ya kemudian kami kumpulkan, kami beli, dan kami manfaatkan untuk wadah budidaya.

Memang karung kurang tahan lama dibanding polybag, namun kami lebih suka karung karena dapat memuat media tanam lebih banyak, sehingga suplai unsur hara yang kita berikan juga akan lebih banyak, sehingga tanaman akan dapat bertahan hidup lebih lama.

Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung

Kami melakukan budidaya cabe dan sayuran lainnya secara organik menggunakan wadah karung di halaman rumah. Mulai dari media tanam, pupuk, hingga obat-obatan, semuanya kami lakukan secara organik.

Untuk membuat media tanam, kami lakukan sebagaimana telah kami tulis pada Cara Sederhana Membuat Media Tanam Budidaya Sayuran Organik dalam Karung.

Setelah media tanam selesai diramu, selanjutnya kami lakukan persemaian benih seperti contohnya pada artikel kami lainnya, yaitu tentang Persemaian Bibit Cabe Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung.

Untuk pencegahan, perawatan, maupun pengobatan tanaman, kami juga lakukan secara organik. Berikut ini artikel kami terdahulu tentang Cara Membuat Pestisida Organik Tembakau Daun Pepaya Puntung Rokok.

Kami menggunakan pestisida organik karena banyak keuntungannya, salah satunya dapat kita buat sendiri dengan mudah. Selengkapnya bisa kita baca pada Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung.
Untuk melihat bagaimana kondisi tanaman cabe kami yang berumur 1 bulan, silahkan lihat video kami di bawah ini:


Demikian Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung. Tulisan ini sebagai penyalur hobi kami, mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi para pembaca yang budiman dan umumnya bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Tanaman Cabe Rawit Besar Organik Umur 1 Bulan di dalam Karung

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar