Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Monday 8 August 2016

Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous

Ibu Siti Mahmudah - Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous - Satu hal yang paling penting dalam melakukan budidaya sayuran adalah media tanam. Media tanam adalah faktor yang sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya sayuran. Media tanam harus subur dan porous/gembur supaya akar tanaman mudah berkembang, semakin banyak akar, maka tanaman akan semakin sehat dan subur, akhirnya dapat berproduksi maksimal.

Kegiatan awal budidaya sayuran adalah menyemai benih. Bibit yang baik adalah dari benih yang disemai pada media tanam yang subur dan gembur. Jika tanaman sejak awal sudah mendapatkan nutrisi yang baik dari media tanam, maka akan dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Media tanam fungsinya untuk menopang tanaman supaya dapat berdiri tegak, memberikan nutrisi dan memberikan ruang bagi akar untuk dapat tumbuh dan berkembang secara baik. Untuk budidaya tanaman dalam wadah pot atau polybag, media tanam dibuat sebagai pengganti tanah. Oleh karena itu, harus bisa menggantikan fungsi tanah bagi tanaman.

Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous

Jika ingin mendapatkan tanaman yang sehat dan subur, kita harus membuat media tanam yang:
  1. Yang gembur yang mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman, sekaligus juga sanggup menopang tanaman, sehingga akar tanaman bisa tumbuh baik dan sempurna, akan tetapi masih cukup solid memegang akar dan menopang batang agar tidak roboh. Apabila media terlalu gembur, pertumbuhan akar akan leluasa namun tanaman akan terlalu mudah tercerabut. Sebaliknya apabila terlalu padat, akar akan kesulitan untuk tumbuh.
  2. Memiliki porositas yang baik, artinya bisa menyimpan dan mengalirkan air dengan baik dan mampu mengalirkan oksigen dengan baik pula. Media tanam harus bisa mempertahankan kelembaban tanah namun harus bisa membuang kelebihan air. Media tanam yang porous mempunyai rongga kosong antar materialnya.
  3. Mampu menyediakan unsur hara yang cukup baik makro maupun mikro. Unsur hara sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara ini bisa disediakan dari pupuk atau aktivitas mikroorganisme yang terdapat dalam media tanam.
  4. Tidak mengandung bibit penyakit, media tanam harus bersih dari hama dan penyakit yang dapat menyerang dan menyebabkan kematian pada tanaman. Media tanam tidak harus steril karena banyak mikrooganisme tanah yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi tanaman, namun harus higienis dari bibit penyakit.

Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous

Bahan alami yang kami gunakan sebagai media tanam dalam menyemai cabe dan pak choy adalah:

Tanah Pekarangan

Tanah yang baik untuk media tanam sebaiknya diambil dari lapisan bagian (top soil). Secara umum terdapat dua tipe tanah yaitu yang harus diperhatikan yakni tanah pasir dan tanah lempung. Tanah yang berpasir memiliki kemampuan drainase yang baik, cepat mengalirkan air namun kelemahannya tanah tersebut buruk dalam menyimpan air sebagai cadangan. Sedangkan tanah lempung lebih sulit ditembus oleh air sehingga akan membuat air tergenang dalam media tanam. Tanah yang baik untuk media tanaman tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu lempung, melainkan harus gembur.

Pupuk Kandang/Kompos

Pupuk kandang/kompos adalah bahan organik yang berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman. Pupuk kandang bisa kita peroleh dari limbah ternak besar seperti sapi dan kambing atau ternak kecil seperti ayam dan kelinci.

Penambahan bahan-bahan organik seperti pupuk kandang, kompos, atau humus pada media tanam bisa memperbaiki struktur fisik tanah dan meningkatkan kapasitas tukar kation. Kompos yang ditambahkan sebaiknya berupa kompos yang telah matang. Kompos yang belum matang berpotensi mendatangkan hama dan penyakit. Selain itu unsur haranya sulit diserap tanaman karena belum terurai secara penuh.

Selain kompos, bisa juga memanfaatkan humus yang didapatkan dari hutan. Tanah humus memiliki kandungan unsur hara yang tinggi. Bila lokasi anda dekat dengan hutan, tanah humus bisa dicari dengan mudah. Tempat-tempat terbaik adalah disekitar tanaman pakis-pakisan.

Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous

Sekam dan Sabut Kelapa

Dalam hal ini sekam bakar adalah merupakan hasil pembakaran tak sempurna dari sekam padi. Arang sekam berguna untuk meningkatkan kapasitas porositas tanah. Penambahan arang sekam pada media tanam akan memperbaiki struktur media tanam karena mempunyai partikel-partikel yang berpengaruh pada pergerakan air, udara, dan menjaga kelembaban.

Manfaat arang sekam adalah bisa menetralisir keasaman tanah, menetralisir racun, meningkatkan daya ikat tanah terhadap air, merangsang pertumbuhan mikroba yang menguntungkan bagi tanaman, menjadikan tanah gembur sehingga memperbaiki drainase dan aerasi tanah. Arang sekam lebih baik dibanding sekam padi, karena arang sekam sudah mengalami pembakaran yang bisa menghilangkan bibit penyakit atau hama yang mungkin saja terikut.

Selain arang sekam, bisa juga digunakan sisa-sisa sabut kelapa (coco peat). Sabut kelapa mempunyai sifat seperti arang sekam. Media tanam sabut kelapa cocok digunakan di daerah yang kering dengan curah hujan rendah. Sabut diambil dari bagian kulit kelapa yang sudah tua.

Untuk memperoleh media tanam yang teksturnya baik sehingga benih bisa disebar secara merata, maka bahan-bahan tersebut di atas harus diayak terlebih dahulu.

Setelah media tanam jadi, kemudian kita tebarkan benih tanaman secara merata pada pot yang besar atau satu-satu pada pot kecil.

Jangan lupa untuk menutup benih dengan media tanam tipis-tipis agar:
  1. Ketika disiram, benih tidak bergerak terkena air
  2. Benih tidak dicuri oleh semut.

Demikian Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga


Untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya berikut ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Cara Menyemai Cabe dan Pak Choy dengan Media Super Porous

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar