Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Saturday 6 August 2016

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Ibu Siti Mahmudah - Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya? - Postingan ini kami buat karena ada beberapa teman yang bertanya tentang di mana kita bisa beli bibit sayuran dan berapa sih harganya?

Dalam berkebun, baik warung hidup maupun apotik hidup, kami memanfaatkan segala sesuatu yang mudah dan murah yang terdapat di rumah maupun lingkungan sekitar, bahkan kalau bisa yang gratisan saja, seperti misalnya bibit sayuran.

Dalam memperoleh bibit sayuran, seperti cabe, tomat, dan terong, kami biasanya mengambil buah dari dapur yang sudah masak kemudian langsung disemai.

Namun untuk mendapatkan benih yang bagus, sebaiknya kita membelinya dari toko pertanian. Di setiap kota kecamatan biasanya sudah ada toko pertanian yang menyediakan berbagai macam obat-obatan, pupuk, dan benih tanaman.

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Biasanya suami saya membeli benih di Gombong atau Petanahan Kebumen Jawa Tengah. Di Gombong ada Toko Wiguno di komplek Pasar Gombong sebelah utara, sedang di Petanahan ada Toko Sumber Makmur Jaya di komplek pasar Petanahan sebelah selatan.

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Selain dapat di beli di toko pertanian, benih sayuran ini juga dapat dibeli secara online. Harga bervariasi dan berbeda-beda antar daerah, antara yang offline dan yang online juga berbeda, namun perbedaannya tidak terpaut jauh.

Berikut ini daftar benih sayuran dan harganya:

1. Benih Cabe

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Benih Inti - Benih Unggul Cabai Rawit Manteb Tahan Patek - Tanaman ini mempunyai daya adaptasi luas terhadap berbagai jenis tanah dan cuaca/iklim. Sangat cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Tanaman cabe ini kokoh dan memiliki percabangan yang banyak dengan tipe buah berbentuk gendut dan tegak ke atas.

Buah berwarna putih gading saat muda dan berubah merah oranye saat sudah tua. Cabe putih gendut ini memiliki rasa sangat pedas dan tahan terhadap penyakit layu bakteri. Buah cabe ini mulai dapat dipanen saat tanaman berumur 80 hari setelah tanam dengan potensi hasil 8-10 ton/hektar. Untuk hasil lebih memuaskan, dianjurkan banyak menggunakan pupuk kandang dan pengairan yang baik.

Harga benih cabe kemasan 5 gr: Rp. 15.000,-

2. Bayam Hijau Cabut

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Benih Inti - Benih Unggul Bayam Shinta - Bayam varietas ini memiliki pertumbuhan yang sangat seragam dan kompak. Mempunyai daun berwarna hijau terang dan segar, rasa gurih sedikit manis, dan renyah. Bentuk batang tunggal dan tidak berserat. Dan yang paling penting adalah bahwa tanaman bayam jenis ini tidak mudah berbunga. Umur panen mulai 20-30 hari setelah tanam.

Potensi hasil panen mencapai 5-8 ton per hektar. Sangat cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Untuk hasil yang memuaskan, dianjurkan banyak menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik dan pengairan yang baik.

Harga benih bayam Shinta kemasan 100 gr: Rp. 12.000,-

3. Caisim Bangkok Saka

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Caisim Bangkok - Saka - Royal Vegetable Seed Indonesia - Tanaman caisim ini memiliki tipe bentuk daun menarik dengan warna hijau, bentuk tanaman tegak dan gemuk dengan rasa renyah dan tidak berserat.

Warna tangkai daun hijau dan tahan setelah dipetik beberapa hari. Cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah dan dapat mulai dipetik setelah umur 25 hari dengan potensi hasil 425 gram per tanaman.

Harga benih Caisim Bangkok kemasan 25 gr: Rp. 10.000,-

4. Benih Unggul Kacang Panjang Marathon Tahan Virus

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Benih Inti - Benih Unggul Kacang Panjang Marathon Tahan Virus - Kacang Panjang ini sangat cocok untuk dataran rendah sampai menengah. Mempunyai daya adaptasi tinggi serta sangat tahan terhadap serangan virus. Buah sangat lebat mulai dari ketiak daun bawah sampai atas, buah berwarna hijau mengkilap dan sangat keras sehingga tahan simpan dan transportasi jarak jauh.

Panjang buah rata-rata 70-90 cm, umur panen kurang lebih 40 hari setelah tanam dengan potensi produksi 30-40 ton per hektar. Untuk hasil lebih baik, disarankan banyak menggunakan pupuk kandang dan pengairan yang baik.

Harga Benih Unggul Kacang Panjang Marathon Tahan Virus kemasan 50 gram: Rp. 10.000,-

5. Benih Mentimun Tornado

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Benih Mentimun Tornado - Royal Vegetable Seed Indonesia - Varietas ini merupakan timun sayur untuk dataran rendah sampai menengah. Tanaman ini toleran terhadap penyakit antraknosa dan rebah batang. Daya adaptasi luas terhadap berbagai jenis tanah dan iklim. Bentuk buah langsing, rasa manis dan renyah dengan warna buah putih kehijauan.

Panen mulai umur 30 hari setelah semai dan tingkat produksi mencapai 52 ton per hektar.

Harga Benih Mentimun Tornado kemasan 20 gram: Rp. 30.000,-

6. Benih Pak Choy

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Benih Sawi - Pak Choy Green - Takii Seed - Pak Choy sering disebut juga dengan nama sawi sendok. Tanaman pak Choy ini cocok untuk dataran tinggi dan rendah. Bentuk helai daunnya sangat menarik dengan tangkai daun berbentuk sendok.

Umur panen 35-40 hari setelah semai.

Harga Benih Pak Choy Green kemasan 20 gram: Rp. 25.000,-

7. Benih Terung/Terong

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Oriental Seed - OR Valerie - F1 Hybrid Egg Plant - Tanam Terong jenis ini memiliki pertumbuhan kuat, kokoh, dan memiliki percabangan yang banyak. Toleran terhadap penyakit layu dan penyakit busuk batang  (phytum sp). Buah berwarna ungu mengkilat dan berbentuk bulat memanjang. Panjang buah kurang lebih 40 cm, lebar 4 cm, berat 150 gram per buah. Rasa daging buahnya enak dan agak manis.

Tanaman terong ini dapat dipanen mulai umur 60 hari setelah tanam dengan potensi hasil mencapai 60 ton per hektar.

Harga Benih Terong Oriental Seed kemasan 5 gram: Rp. 17.000,-

8. Benih Bawang Daun Fragrant 961

Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Benih Bawang Daun Fragrant 961 - Tanaman ini tahan panas, kering, dan lembab, pertumbuhannya kuat dan subur.

Lama waktu yang dibutuhkan dari persemaian hingga panen sekitar 120-150 hari dengan tinggi tanaman 60 cm dan berat sekitar 300 gram per tanaman.

Harga Benih Bawang Daun Fragrant kemasan 5 gram: Rp. 30.000,-

Demikian Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya? Semoga bermanfaat dan mari berkebun, manfaatkan halaman dan pekarangan rumah kita dari pada ditumbuhi semak.

Jangan lupa baca juga:
  1. Benarkah Menanam Warung Hidup Merupakan Amalan yang Berbuah Syurga?
  2. Memetik Caisim Sehat Organik di Pekarangan Sendiri
  3. Pemindahan Tanaman Caisim Organik dari Persemaian ke Dalam Pot

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya berikut ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Di Mana Tempat Membeli Bibit Sayuran? Berapa Harganya?

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar